Sunday, April 11, 2010

Pelatihan EKG PERKI JAYA

Pelatihan EKG ini diselenggarakan oleh PERKI JAYA di RS Pusat Jantung Harapan Kita Jakarta. Pelatihan ini mendapatkan sertifikat dengan akreditasi IDI sebesar SKP dan sertifikatnya berlaku seumur hidup! Biaya mengikuti pelatihan ini adalah Rp 1.150.000,- + dengan buku modulnya Rp 50.000,- jadi total adalah Rp 1.200.000,- Pelatihan ini diadakan selama 2 hari (Sabtu dan Minggu) mulai jam 08.00 sampai sekitar jam 15.00 pada hari Sabtu dan Hari Minggu pk 08.00-13.00.



Hari pertama ada pretest, soalnya berupa gambar-gambar EKG dan kita disuruh menginterpretasikan dengan pilihan a,b,c,d. Jumlah soal ada 23 soal, ada isian 3 nomor. Soal post testnya juga sama dengan soal pretest. Pengajar kali ini adalah Dr Agus Harsono,Sp.JP,FIHA,dsb.... gelarnya panjang... Selain EKG dia juga ngajar ACLS, jadi sembari mengajar EKG, dia juga promosiin ACLS terus dengan memberikan pertanyaan terus dia nanya langkah penanganan selanjutnya diapain? Kalo mau tau, makanya ikut ACLS dong... cape de...

Materi pada hari pertama sangat banyak dan padat, tapi jadi bikin ngerti. Pengajar menjelaskan dengan cara yang mudah dicerna sekali sehingga dengan liat gambar kita langsung dapat mengetahui kelainannya dimana, nah penanganan selanjutnya adalah... Ikut ACLS dulu... ehhehehe...  Materi yang diajarkan adalah :
1. Pengenalan EKG
2. Cara mengetahui irama sinus
3. Cara menghitung Heart Rate
4. Cara menentukan Axis jantung
5. Cara menentukan gelombang P
6. Cara menentukan PR-interval
7. Cara mengetahui kelainan pada kompleks QRS
8. Cara menentukan segmen ST
9. Cara melihat kelainan pada gelombang T
10. Hipertrofi Jantung (Atrium, Ventrikel)
11. Gangguan Konduksi Jantung (AV Blok  derajat 1,2,3)
12. Gangguan irama jantung (pada atrial,AV,ventrikel)
13. Gangguan elektrolit
14. Iskemi dan infark pada jantung
15. Pola-pola EKG khas lainnya

Untuk makanan sangat enak ! recommended deh... ga rugi bayar mahal...
Hari kedua :
Hari kedua diisi dengan post test dan review semua kasus dilanjutkan dengan final test.
Untuk soal post test soalnya sama, tapi diakhir post test diumumin siapa aja yang nilainya kurang nanti akan diulang lagi post testnya,abis itu dilanjutin dengan review kasus-kasus. Setelah review, baru diadain ujian sebenarnya dengan menampilkan gambar ekg pada slide, terus kita tulis kelainan yang ditemukan apa.
Abis itu dapet sertifikat deh... Pulangnya ga sore-sore amet, sekitar jam 13.00 sudah selesai.

2 comments:

  1. Memangnya sertifikat EKG fungsinya buat apa ya. Setau saya yang digunakan buat melamar kerja misalnya adalah sertifikat ACLS yang hanya berlaku 3 tahun

    ReplyDelete
  2. sertifikat EKG hanya buat pelengkap saja, memang yang diperlukan adalah ACLS, kalau anda mau mendaftar jadi PPDS Kardiologi merupakan suatu nilai tambah, selain itu anda akan lebih familiar dengan gambaran ekg abnormal. Pada pelatihan ekg ini lebih ditekankan pada gambaran ekg yang emergency.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...