Monday, June 10, 2013

AdRewa, Solusi Alternatif Mendapatkan Uang dari Blog

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang signifikan yang ditandai dengan layanan Internet yang saat ini hampir ditemui disetiap sudut.  Internet sendiri pada awalnya merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 lewat proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Sekarang Internet telah menjadi bagian hidup sehari-hari digunakan mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia.
Dengan perkembangan Internet yang sedemikian pesat telah membuka beraneka macam lapangan usaha untuk menghasilkan uang. Internet dapat dipergunakan untuk mempromosikan barang, usaha maupun jasa. Telah dikenal bermacam-macam website yang menawarkan barang dagangannya melalui internet seperti www.bhinneka.com, www.tokousb.com, www.ponseljakarta.com dan sebagainya. Untuk mempromosikan barang tentu dibutuhkan sarana media promosi. Internet dengan segala kemajuannya memiliki potensi besar untuk membantu meyebarkan informasi. Dahulu dibutuhkan waktu untuk menyampaikan informasi dari satu tempat ke tempat lain melalui surat atau bahkan jaman dulu melalui burung merpati, namun sekarang hanya dalam hitungan detik semua informasi yang kita berikan dapat langsung sampai. Kecanggihan teknologi itulah yang digunakan untuk mempromosikan barang,usaha dan jasa.


Salah satu cara untuk membantu promosi adalah melalui program Pay Per Click atau dikenal dengan istilah PPC. PPC sendiri merupakan bentuk promosi melalui Internet dimana pembeli langsung berhubungan dengan penjual di dunia maya dimana sang pemasang iklan  (advertiser)membayar sejumlah uang ke pemilik website yang ditempati media iklannya (diistilahkan dengan publisher)  jika iklannya di klik. Mudahnya adalah biaya yang dibayarkan berdasarkan atas iklan yang di klik. Program PPC dapat digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan dimana kita sebagai publisher (pemilik website) mendaftar terlebih dahulu untuk berpartisipasi. Setelah mendaftar, pemilik program ppc akan mereview website kita apakah sesuai dengan kebijakan atau tidak, jika sesuai maka kita dapat mulai memasang slot iklan di website kita. Iklan yang ditampilkan disesuaikan dengan isi website yang kita punya, jadi sebaiknya website kita mempunyai tema yang menarik sehingga memudahkan pengiklan untuk memasang. Program PPC sebenarnya menarik namun tetap saja terbuka terhadap pelanggaran  yang dikenal dengan istilah Click Fraud. Pada Click Fraud pemilik website (Publisher) dengan sengaja mengklik iklan dengan maksud untuk menambah klik sendiri, namun kebijakan ini tentu dilarang karena tidak sesuai dengan kebijakan. Namun seiiring dengan perkembangan teknologi keamanan, Google dan perusahaan PPC lainnya telah mengembangkan system untuk melindungi terhadap pelanggaran klik yang berlebihan atau terhadap serangan hacker nakal.
Sejarah PPC dimulai pada tahun 1996 dimulai dengan catatan yang pertama kali ditemukan pada direktori website Planet Oasis. Ini adalah aplikasi desktop yang menampilkan link ke situs web informasi dan komersial, dan dikembangkan oleh Ark Antarmuka II, sebuah divisi dari Packard Bell NEC Computers. Reaksi awal dari perusahaan komersial untuk "bayar-per-kunjungan" model Ark Antarmuka II yang skeptis, namun pada akhir tahun 1997, lebih dari 400 merek utama yang membayar antara $ 0,005 hingga $ 0,25 per klik ditambah biaya penempatan. Di antara penyedia PPC, Google AdWords, Yahoo Search Marketing, dan Microsoft adCenter telah tiga operator jaringan terbesar, ketiga beroperasi di bawah model tawaran berbasis.  Pada tahun 2010, Yahoo dan Microsoft meluncurkan upaya gabungan mereka terhadap Google dan Microsoft bing mulai menjadi mesin pencari bahwa Yahoo digunakan untuk memberikan hasil pencarian. Karena mereka bergabung, Platform PPC mereka berganti nama adCenter. Jaringan gabungan situs pihak ketiga yang memungkinkan iklan adCenter untuk mengisi banner dan iklan teks di situs mereka disebut BingAds.
Di Indonesia, saat ini telah diluncurkan perusahaan PPC yaitu AdRewa melalui Astamedia Group pada tanggal 3 Mei 2013. AdRewa merupakan layanan iklan PPC (Pay Per Click) kontekstual berbasis keyword baik berupa iklan text atau iklan banner dengan sejumlah ukuran untuk target pasar Indonesia. Program ini sesuai untuk target pasar Indonesia karena mereka menyasar website berbahasa Indonesia. Dengan berdirinya AdRewa diharapkan dapat meningkatkan industri periklanan di Indonesia khususnya melalui Internet. Pangsa pasar Indonesia cukup besar, dengan jumlah penduduk 200 juta diharapkan pertumbuhan internet juga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat mulai dari Sabang hingga Merauke. Melalui AdRewa kita juga dapat mendapatkan penghasilan seperti program PPC lainnya.
                Akhirnya seiring dengan kemajuan perkembangan internet di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan dunia periklanan dan AdRewa sebagai media periklanan yang baru dapat tumbuh menjadi salah satu penyedia layanan PPC yang terkenal di Indonesia. Marilah kita memajukan Internet sehat di Indonesia. Selamat Berblogging!

Penulis: 
dr. Yoshua Viventius

Referensi:


1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...