Perkembangan
teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang signifikan yang ditandai
dengan layanan Internet yang saat ini hampir ditemui disetiap sudut. Internet sendiri pada awalnya merupakan
jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada
tahun 1969 lewat proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project
Agency Network). Sekarang Internet telah menjadi bagian hidup sehari-hari
digunakan mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia.
Dengan perkembangan
Internet yang sedemikian pesat telah membuka beraneka macam lapangan usaha
untuk menghasilkan uang. Internet dapat dipergunakan untuk mempromosikan
barang, usaha maupun jasa. Telah dikenal bermacam-macam website yang menawarkan
barang dagangannya melalui internet seperti www.bhinneka.com,
www.tokousb.com, www.ponseljakarta.com dan sebagainya. Untuk mempromosikan barang tentu dibutuhkan
sarana media promosi. Internet dengan segala kemajuannya memiliki potensi besar
untuk membantu meyebarkan informasi. Dahulu dibutuhkan waktu untuk menyampaikan
informasi dari satu tempat ke tempat lain melalui surat atau bahkan jaman dulu
melalui burung merpati, namun sekarang hanya dalam hitungan detik semua
informasi yang kita berikan dapat langsung sampai. Kecanggihan teknologi itulah
yang digunakan untuk mempromosikan barang,usaha dan jasa.
Salah satu cara
untuk membantu promosi adalah melalui program Pay Per Click atau dikenal dengan istilah PPC. PPC sendiri
merupakan bentuk promosi melalui Internet dimana pembeli langsung berhubungan
dengan penjual di dunia maya dimana sang pemasang iklan (advertiser)membayar sejumlah uang ke pemilik
website yang ditempati media iklannya (diistilahkan dengan publisher) jika iklannya di klik. Mudahnya adalah biaya
yang dibayarkan berdasarkan atas iklan yang di klik. Program PPC dapat
digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan dimana kita
sebagai publisher (pemilik website) mendaftar terlebih dahulu untuk
berpartisipasi. Setelah mendaftar, pemilik program ppc akan mereview website
kita apakah sesuai dengan kebijakan atau tidak, jika sesuai maka kita dapat
mulai memasang slot iklan di website kita. Iklan yang ditampilkan disesuaikan
dengan isi website yang kita punya, jadi sebaiknya website kita mempunyai tema
yang menarik sehingga memudahkan pengiklan untuk memasang. Program PPC
sebenarnya menarik namun tetap saja terbuka terhadap pelanggaran yang dikenal dengan istilah Click Fraud. Pada Click Fraud pemilik website (Publisher) dengan sengaja mengklik
iklan dengan maksud untuk menambah klik sendiri, namun kebijakan ini tentu
dilarang karena tidak sesuai dengan kebijakan. Namun seiiring dengan perkembangan
teknologi keamanan, Google dan perusahaan PPC lainnya telah mengembangkan system
untuk melindungi terhadap pelanggaran klik yang berlebihan atau terhadap
serangan hacker nakal.
Sejarah PPC
dimulai pada tahun 1996 dimulai dengan catatan yang pertama kali ditemukan pada
direktori website Planet Oasis. Ini
adalah aplikasi desktop yang menampilkan link ke situs web informasi dan
komersial, dan dikembangkan oleh Ark Antarmuka II, sebuah divisi dari Packard
Bell NEC Computers. Reaksi awal dari perusahaan komersial untuk
"bayar-per-kunjungan" model Ark Antarmuka II yang skeptis, namun pada
akhir tahun 1997, lebih dari 400 merek utama yang membayar antara $ 0,005
hingga $ 0,25 per klik ditambah biaya penempatan. Di antara penyedia PPC,
Google AdWords, Yahoo Search Marketing, dan Microsoft adCenter telah tiga
operator jaringan terbesar, ketiga beroperasi di bawah model tawaran berbasis. Pada tahun 2010, Yahoo dan Microsoft
meluncurkan upaya gabungan mereka terhadap Google dan Microsoft bing mulai
menjadi mesin pencari bahwa Yahoo digunakan untuk memberikan hasil pencarian. Karena
mereka bergabung, Platform PPC mereka berganti nama adCenter. Jaringan gabungan
situs pihak ketiga yang memungkinkan iklan adCenter untuk mengisi banner dan
iklan teks di situs mereka disebut BingAds.
Di Indonesia, saat
ini telah diluncurkan perusahaan PPC yaitu AdRewa melalui Astamedia Group pada
tanggal 3 Mei 2013. AdRewa merupakan layanan iklan PPC (Pay Per Click)
kontekstual berbasis keyword baik
berupa iklan text atau iklan banner dengan sejumlah ukuran untuk target
pasar Indonesia. Program ini sesuai untuk target pasar Indonesia karena mereka
menyasar website berbahasa Indonesia. Dengan berdirinya AdRewa diharapkan dapat
meningkatkan industri periklanan di Indonesia khususnya melalui Internet.
Pangsa pasar Indonesia cukup besar, dengan jumlah penduduk 200 juta diharapkan
pertumbuhan internet juga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat mulai
dari Sabang hingga Merauke. Melalui AdRewa kita juga dapat mendapatkan penghasilan
seperti program PPC lainnya.
Akhirnya
seiring dengan kemajuan perkembangan internet di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan
dunia periklanan dan AdRewa sebagai media periklanan yang baru dapat tumbuh
menjadi salah satu penyedia layanan PPC yang terkenal di Indonesia. Marilah
kita memajukan Internet sehat di Indonesia. Selamat Berblogging!
Penulis:
dr. Yoshua Viventius
Referensi:
4. How do you prevent invalid clicks and impressions? Google AdSense Help Center, Accessed January 9, 2008
thanks infonya gan... langsung dicoba.
ReplyDeleteSalam Blogger,
AdRewa, Solusi Alternatif Mendapatkan Uang dari Blog